Kopi Aja Punya Kisah





Hay! iyaa.. kamu yang lagi gabut dan tanpa sengaja nemuin blog ini. Jangan beranjak pergi dulu ya, aku mau cerita dan please denger.

Oke cerita dimulai.

Tapi sebelum cerita, aku mau tanya dulu. Kamu yang lagi baca blog ini, eh sorry kamu yang lagi ngga sengaja baca blog ini suka minum kopi ngga sih? Entah apapun jawaban kalian, aku ada riset menarik tentang kopi. Bagi aku sih menarik tapi semoga aja kalian juga tertarik. Tapi tenang, ini bukan mau bahas budidaya kopi atau strategi pemasaran kopi kok. Simak aja dulu.

Kopi ternyata punya sifat, bukan sifat kayak manusia bukan. Tapi sifat di sini adalah kisah. Ngerasa ngga sih buat kamu yang minum kopi ternyata kisah waktu awal minum kopi dan waktu sekarang itu udah beda kisahnya. Contoh, awal aku demen sama kopi itu dulu waktu SD. Lebih tepatnya dicekokin sih sama mbah kakung (eyang laki-laki) yang dulu hobinya ngopi sama ngerokok yang bungkusnya kudu ngegiling manual.  Layaknya seorang bocah yang polos aku pun meminta ‘mbah, minta kopinya dong” dan diikuti pandangan ke kopi yang dikiranya sama kayak jamu buyung upik. Dan ternyata ‘hhoooeekk” ngga enak! lidah bocah umur 8 tahun memang belum saatnya menerima simbol kedewasaan tersebut (minum kopi).

Tau ngga sih kenapa bocah polos tersebut penasaran pengen cicip kopi. Karena entah ini kebiasaan mbah kakung aku atau kaum manula lain juga melakukannya. Cara minum mereka tuh unik, mereka menuangkan dulu kopinya dari gelas ke lepekan piring kecil buat di seruput ulang yang aku kira itu bakal menambah cita rasa kopinya. Ternyata gimick doang biar kopinya ngga terlalu panas buat diseruput, hadeh. Tapi dari kisah tersebut aku menerima sifat kopi tadi adalah keluarga. Kopi berhasil menyatukan aku dan mbah kakung yang biasanya ngga akur karena sendal mbah sering aku umpetin.

Berbeda dengan bocah tadi ada juga kisah kopi anak kantor, pernah ngeliat kan di tipi-tipi ada bos yang nyuruh OB nya bikin kopi yang biasanya nama si OB adalah mang Udin. ‘Mang udin buatin kopi dong” kata seorang CEO perusahaan. Sebagai penikmat sinetron, eh ngga ding. Sebagai pengamat adegan sinetron, aku menerima sifat kopi di sini adalah kewibawaan. Tentu akan berbeda kisah kalau si bos menyuruh mang Udin menyeduhkan jamu buyung upik. Maka dari itu buat jaga wibawa biasanya si bos pesennya kopi. Selain buat jaga wibawa biasanya kopi ini bisa melahirkan ide-ide kalo lagi kerja atau lagi rapat, ajaib kan? Nah mang Udin selama ini minum kopi atau ngga ya? kan siapa tau mucul ide mendirikan perusahaan buat jadi pesaing bosnya.

Kopi juga punya kisah tersendiri buat anak indie, kalo kamu saat ini punya temen yang seneng denger lagi fourtwnty, bara suara dan juga hindia pasti mereka dengernya sewaktu nyeruput kopi di sore hari. Aku bukan anak indie banget karena aku ngopinya biasanya malem-malem buat begadang nugas. Tapi aku dapat memahami nikmatnya kopi di sore hari sambil denger lagu fourtwnty adalah ketenangan, damai, sunyi, asri, syahdu, mendayu-dayu. Walaupun aku juga bisa sih sore-sore denger fourtwnty sambil minum boba. Tapi yaudahlah, bagi anak indie kopi itu bagian dari kisah mereka.

Nah kopi dari kisah aku sendiri adalah irit. Sadar ngga sih kopi adalah minuman yang kalo ditinggal ngobrol berjam-jam tuh pasti masih ada sisa. Nah fungsi kopi tersebut di tongkrongan adalah biar ngga mati gaya aja, ngga perlu ngeluarin duit buat pesen egg roll atau kentang goreng. Jadi buat kalian yang biasanya tanya temen mau pesen apa di menu dan dia mesennya cuman kopi yaitu itu lah alesannya.

So. Kopi selalu punya kisah untuk kita yang meminumnya, lebih dari sekedar ‘ngopi” tapi di situ ada ngobrol, ngerja, ngerebah, ngide dan lain-lain. Kata captain tsubasa kopi adalah teman.

Dah ah itu dulu tulisan buat hari ini. Kalo kurang berfaedah ya maap, ngopi aja dulu ngopi.

You May Also Like

0 komentar