Abang-abangan


Jadi seorang milenials di era gen-z udah pada gede kadang membuat kita dituakan secara paksa. Iya oke, umur aku di tahun ini udah 26, umur yang udah semestinya di posisi jadi leader bagi adek-adek yang di lingkungan kerja atau kalau bagi sebagian orang yang masih kuliah di umur segitu dipanggil 'sepuh". Umur yang seharusnya udah pada nikah karena udah nyadar kalau dirinya mampu buat tanggung jawab, walaupun ada juga yang masih sendirian karena emang belum laku atau udah hopeless. Buat stasiun TV kalo ada yang mau ngadain lagi acara Take Me Out Indonesia boleh banget nih, membantu warga-warga hopeless asmara.

Wait, kok malah ngelebar kemana-mana. Oke lanjut ke topik.

Kadang nggak nyadar kalau diri sendiri udah sedewasa ini, perasaan baru kemarin main kakak adekan sama kakak kelas sekolahan, eh sekarang udah dipanggil 'om" aja sama bocil. Ke mini market niatnya mau pdkt sama kasir malah dipanggil 'pak". Kesal, belum mulai udah ngenes duluan.

Padahal kalau mau berkaca ke diri sendiri, aku sendiri bingung tentang apa sih contoh yang tepat buat jadi abang-abangan yang baik. Pertanyaan ini bukan karena pengen dibilang sok tua atau gimana, tapi ngaruh banget ke social life karena ya sosok abang-abangan ini bukan pilihan tapi memang akan ada waktunya kita ditempatkan di posisi tersebut. Aku anak pertama dari 2 bersaudara, otomatis layaknya kakak pada umumnya kita lah yang dijadikan contoh buat adek kita. Di rumah sebenernya nggak ada masalah tentang bagaimana aku bersikap seperti abang, tapi abang-abangan ini beda, abang-abangan adalah di mana kita menjadi sosok kakak buat orang lain. 

Kalian pernah nggak sih ketika nongkrong, ada di antara satu dari kalian yang gap umurnya tuh jauh banget, udah kayak om sama ponakan tapi tuh kalian satu tongkrongan. Kebetulan sih dulu waktu sekolah aku pernah nongkrong sama sosok abang-abangan ini. Satu hal yang bikin aku amazed sama beliau adalah beliau ini benar-benar sosok yang ngemong tapi tetep asik. Aku nggak nyebut nama aslinya tapi panggil aja namanya bang Messi, beliau adalah salah satu senior aku di suatu komunitas yang dulu aku ikutin waktu sekolah. Aku biasa bertemu dengan beliau sore hari di sela kegiatan komunitas. Di antara tongkrongan kami yang rata-rata anak sekolah semua, beliau ini lah satu di antara senior lain yang biasa jadi mentor kegiatan komunitas. Beda dengan abang-abangan kampus sok senior dan otoriter, beliau ini mampu memposisikan dirinya setara dengan kita-kita yang anak sekolahan ini, hasilnya ya obrolan kita relate-relate aja. Ngobrolin kenakalan nyambung, ngobrolin asmara nyambung, ngobrolin konspirasi sekte penyembah hamster nyambung.

Dengan beliau ini lah aku mempelajari gimana sih jadi sosok abang-abangan. Aku mempelajari gimana kita berteman layaknya temen sepantaran, belajar gimana cara memberi insight tanpa menggurui, dan jadi tempat yang asik buat orang-orang bisa curhat. Tapi apakah penerapannya bisa semudah itu? Ohoho tentu... tidak.

Sejak aku SMP sampai SMA di tongkrongan aku bukanlah sosok abang-abangan. Karena ya nggak pernah ada satu momen aku di tempatkan di posisi tersebut. Aku nggak pernah jadi anggota OSIS yang bisa ngospek adek kelas baru dan dapet nomer hp cewek cakep, nggak pernah jadi ketua sebuah ekstrakulikuler, nggak pernah jadi tempat curhat adek kelas dan berlanjut ke PDKT. Jadi ya definisi abang-abangan aku nggak pernah paham harusnya seperti apa.

Hal tersebut berubah di lingkungan kampus. Keputusan buat ikut BEM ternyata mau nggak mau merubah diri ini yang tadinya pasif jadi sok sokan aktif dan suka ngebantu adek tingkat. Lumayan satu hari ospek kampus dapet nomor hp cewek-cewek cakep.

Nggak ding canda.

Jadi sosok yang tiba-tiba jadi abang-abangan sebenernya aku sendiri nggak siap, aku bukan tipe yang niat kalau disuruh ngasih masukan as we know about something. Jadi ya suka ngelemparin ke temen kalau misal ada adek kelas yang nanya sesuatu.

Contoh :
Adek kelas : 'Bang, ini aku ada desain poster buat kegiatan ekstrakulikuler. Kita-kira udah bagus belum ya"

Aku : 'Eeee.. tanya bang Danu aja ya"

Adek kelas : 'Oh tapi bang Danunya udah pulang bang"

Aku : 'Nih alamanya, kamu susul deh dia" sambil ngasih lokasi Google Map.

Ada nggak sih kalian yang ngerasa gitu juga? Kayak nggak mau repot aja buat berbuat baik sama adek kelas. 

Tapi semakin hari setiap kali aku ditempatian di posisi tersebut, pada akhirnya aku paham asiknya jadi abang-abangan. Sebenernya abang-abangan itu tidak selalu kita menjadi seorang panutan buat orang lain, tidak selalu harus kita ngasih insight-insight buat orang lain. Tapi lewat kita menjadi berguna buat orang lain sebenernya kita udah membuka pintu pertemanan baru. Dan juga semakin tau arti abang-abangan aku pun tidak lagi menganggap adek kelas atau adek tingkat sebagai junior tapi sebagai teman aja. Kayak bang Messi yang sempet aku singgung di atas, aku bisa nyaman buat menganggap beliau panutan justru karena beliau tidak pernah menganggap dirinya panutan. Aneh ngga sih. Ya begitulah kira-kira deh.

Sampai ketemu di curhatan yang lain guys.

You May Also Like

0 komentar