Cuap. Virtual

     



     Kalo mayoritas manusia di bumi saat ini sudah melek internet berarti harusnya kita sekarang ini udah punya 2 dunia. Nyata dan Semu. Iya realitas dan virtual. Bisa dibilang kayak gitu ya karena saat ini keberadaan internet persentasenya hampir 50% jika melihat orang-orang yang tak bisa lepas dari HP juga PC/Laptop. Baru deh sisanya dihabiskan buat dunia nyata, kayak kerja, sekolah, dan malam mingguan.

     Kehidupan kayak gitu juga yang aku rasain sekarang ini, tepatnya semenjak udah akil balig. Sarapan pagi mau pakai lauk seenak apapun ngga lengkap rasanya kalau belom update status, entah itu Instagram, Facebook, atau nontonin video di Youtube. Ngga lengkap aja kalau kita abis ngelakuin sesuatu dan ngga diupdate ke sosmed. Ternyata emang asik juga, tiap hari ngobrol dengan orang yang ngga selalu sama dan berbagi pengalaman ini itu. 

     Sosmed pertama yang aku buat adalah Facebook, kalau ngga salah saat aku SD sekitar tahun 2008 atau 2009. Tapi ya waktu itu aku ngga terlalu ngerti buat apa Facebook, cuman ngikut-ngikut temen aja. Aku baru paham apa itu sosmed waktu udah SMP, aku baru tau juga kalau sosmed adalah simbol ke-eksisan kita. Makanya aku langsung buat sosmed sebanyak-banyaknya karena takut dibilang ngga gaul. Awal aku buat sosmed ya cuman buat saling follow antar temen sekolah, ngobrolin keseharian, berbagi info tentang mana rental PS yang murah. Tapi lama kelamaan semakin diri ini menjelajah semakin expert pula aku di dunia semu ini.

     Hal yang aku lakuin di sosmed yang berawal dari saling follow antar temen pun sekarang jadi saling follow dengan orang yang belum aku kenal sebelumnya. Aku inget waktu SMP adalah lagi hits-hitsnya Band Indie. Dan temen-temen waktu itu mempunyai seleranya masing-masing. Perbedaan fandom inilah yang jadi awal mula cobaan buat anak SMP yang baru akil balig. Proses yang belum sepenuhnya dewasa inilah yang menjadikan kita ngga bisa mengontrol tingkah laku kita baik atau buruk. Dari yang hanya saling guyon ejek-ejekan di sekolah, ternyata juga dilanjut di sosmed. Ejekannya pun macem-macem, dari yang hanya ‘anggota band lu kayak serbet warteg bro, kusut” sampai ada yang alay kayak ‘Eh, VoK4li5 BaND Lu B3nConG yUa?”.

     Begitupun juga dengan aku, pada waktu itu aku juga sebagian dari mereka juga. Selalu ngga terima kalau band kesukaannya di jelek-jelekin. Saling bertukar ejek di sosmed dan mencari kalimat yang pedes buat menyindir orang yang ngejekin band kesukaan aku pada waktu itu. Dan waktu SMA juga ngga terlalu beda. Bedanya ya waktu SMP ejek-ejekan karena band musik, kalau di SMA ejek-ejekan klub bola. Ada keseruan tersendiri waktu itu bisa beradu argumen di sosmed. Sensasinya adalah ketika berhasil nemuin argumen yang keren itu dalam hati langsung berasa ‘ternyata elu ngga oon-oon banget dim” sambil cengengesan sendiri.

     Waktu lulus SMA dan masuk bangku perkuliahan ternyata menjadi titik balik kedawasaan orang di uji. Oiya pada bangku kuliah aku nemu satu Youtube Content Creator yang menjadi pencerah, dia cewek dan cakep kalau pakai kacamata. Kusebut saja dia mbak kacamata.

     Kenapa aku bilang dia sosok pencerah? Mungkin ya dia adalah salah satu remaja dan juga Youtube Content Creator yang aware dengan perilaku remaja-remaja di negeri kita. Di channel Youtube dia banyak berisi dengan opini dia yang menyinggung tingkah laku kita di sosmed. Doi berpendapat bahwa generasi kita mulai gampang dibuat berantem oleh berita-berita yang belum tentu benar / hoax. Doi juga berpendapat bahwa selaku manusia bersosmed kita gampang banget menilai orang di sosmed baik atau buruk, kita ngejelekin padahal belum tentu bener dan juga kita ngga tau bahwa yang kita bilang ini juga bakal nyakitin orang tersebut.

     Fix nontonin video-video dia di Youtube bikin hatiku tersentuh. Aku pengen nangis.

     Ngga hanya mbak kacamata, banyak orang-orang yang aku temuin dan sepemikiran dengan mbak kacamata ini yang membuat aku semakin sadar kalau selama ini aku terjerumus dunia gelap sosmed. Apasih.

     Dari titik ini pun akhirnya aku mengubah kebiasaanku bersosmed dan berselancar di internet. Selalu memilah-milah berita dari sumbernya itu penting, aku usahakan selalu baca-baca berita dari portal yang udah ada nama dan terjamin kebenarannya biar ngga kemakan hoax lagi. Tingkahlaku bersosmed juga aku perbaiki, pernah aku nemuin video yang dari konten bener-bener ngga jelas dan timbul rasa ingin komen tapi aku tahan dan berpikir sejenak, ‘pasti doi bikin video ini udah usaha banget.. kalo doi baca komenku apa jadinya”, sempat aku ingin mengkritik tapi ngga jadi karena ngga nemu kalimat yang pas buat nyampeinnya. Mungkin dengan ini lebih baik dari pada mencela video dia.

     Chating pun aku ubah, selama ini aku ngerasa kalo chating suka sok asik dan dari bahasa bener-bener ngga terfilter. Makanya sekarang kalau chat seseorang suka aku baca ulang dan aku bayangin bagaimana aku sebagai penerima baca chat tersebut. Baru setelah pas langsung aku kirim. Aku ngga pengen orang yang baca entar bakal salah paham. Dengan perubahan terbsebut dari mulai baca portal berita, berkomen dan bersosmed aku pikir sekarang aku udah ngejalanin kehidupan internet yang sehat.

     Suatu hari waktu aku abis main game, aku iseng-iseng buka Youtube. Aku nonton channel gaming dan creatornya unik-unik. Tapi aku nemuin di antara mereka ada yang beda sendiri. Dia cowok dan berkumis, kusebut saja dia mas kumis. Selain channel gaming dia juga mengisi channel dia dengan video berargumentasi. Sebenernya aku suka sama konten dia, lewat video dia pengen meluruskan apa yang salah dengan yang dipikirin orang. Lewat video dia pengen kita sebagai manusia modern harus bisa membuka pikiran kita dalam menemui suatu peristiwa. Sekilas hampir sama kayak mbak kacamata. Tapi yang beda adalah kalau mbak kacamata pengen kita menjaga sikap kita di sosmed sedangkan mas kumis pengen di channelnya dia terutama untuk komen dan jangan takut berargumen. 

     Dua-duanya sebenernya baik, lalu mana yang ‘paling baik?”. Kalau pertanyaan itu diarahkan ke aku tentu aku kembaliin kepada subscriber yang menikmati konten mereka. Aku sendiri sebagai manusia juga sudah pasti punya argumen dan pendapat sendiri, tapi orang lain pun sama. Kalau aku tumpahkan argumen ini ke dalam kolom komen tentu ngga akan ada bedanya dengan aku waktu SMP dulu dan ujung-ujungnya rasa ngga ingin mengalah itu pun timbul. Dari pada capek-capek dan berujung berantem di internet alangkah baiknya pendapat ini aku salurin ke forum-forum keremajaan dan organisasi kemahasiswa yang lebih membutuhkan.

     Di zaman yang manusianya udah mempunyai dunia virtual ini aku ngga ingin ada perbedaan buat diriku sendiri baik di dunia nyata dan dunia virtual. Untuk sekarang bagiku keduanya sama aja. Bila di dunia nyata aku berperilaku baik kenapa di internet ngga aku lakuin yang sama? kalo di dunia nyata aku sosok humoris kenapa di internet ngga aku lakuin hal yang sama? kalo di dunia nyata dan virtual ada perbedaan lalu orang mau mengenal aku seperti apa?.

     Aku pengen mengenal orang di sosmed ya dengan cara yang sama seperti di dunia nyata, ngga hanya lewat foto profil aja atau lewat status dia aja, karena itu ngga menyimpulkan siapa dia. Begitupun sama bagaimana aku dikenal. Dan mudah-mudahan internet akan lebih sehat, ngga ada lagi berantem-beranteman di kolom komentar, ngga ada lagi berita hoax karena pembaca udah semakin pinter, ngga adalagi orang PDKT waktu kopi darat ilfeel karena foto ngga sesuai tampang. Dengan begitu walapun manusia udah punya 2 dunia tetapi akan terasa dalam dunia yang sama.

You May Also Like

0 komentar