Buku Gambar Kak Dinda

#CerpenFiksi

Siang ini seperti biasa sih, pulang sekolah melepas lelah dengan bersantai ria di taman arean Universitas Diponegoro Semarang. Setiap hari pasti aku mampir di sini menikmati sejuknya udara di bawah pohon yang mungkin sudah jarang di Semarang. Ngapain sih di taman sendirian kayak kurang kerjaan bgt? tapi menurut aku sih.. ngapain juga di rumah kalo isinya tiduran , ngemil, nonton tv.. dirumah aja nonton tv sering rebutan remot tv sama adek, lagi asik-asiknya nonton bola eh dari jarak 20 meter si adek ngganti channelnya jadi Masya And The Bear, Litle Krisna, Gosip. Eh gosip? Buat apa anak kelas 6 sd nonton gosip??!! Emang mau liat apa.. doraemon selingkuh ma adeknya sinchan..?

Kembali ke topik awal, ngapain sih di taman? Ya jawabnya nyantai2 sambil ngeggambar. Emang dari aku kecil udah hobi ngeggambar sih, dari manga sampe karikatur bisaaa.. , di rumah sama di sekolah aja sering disuruh nggambarin karikaturnya wajah temen. Biasanya sering semangat sih kalo di suruh nggambarin temen , apalagi yang cewek.. tapi ngga enak nya nggambarin temen cewek yah satu sih... cerewetnya ngalahin nenek aku. Dari yg protes poninya kepanjangan, hidungnya kekecilan, matanya kebanyakan.... cerewet banget...

Di taman ini pun aku cuman selalu sendiri sih, walaupun banyak mahasiswa yang main tapi yah paling seringnya mereka ke kantin, ngga asiiiik. Jarang banget aku nemuin mahasiswa yang emang pengen banget kesini.



Ditengah-tengah lagi nggambar aku pun dikagetkan dengan seorang perempuan yang duduk membelakangiku. Oh dia salah satu mahasiswa di sini.. . Saat aku menoleh, akupun sejenak melihat wajahnya dan... gila.. cantik banget.. . Sambil senyum dia pun duduk di bangku belakang tepat sebelahku. Tanpa terlalu menghiraukan aku dia pun mengeluarkan sesuatu dari tas kecilnya, ternyata pensil dan selembar kertas lengkap dengan papan kertas.



Ternyata dia mau menggambar, kok sama yah... . Aku pun mengahmpirinya dan duduk di sebelahnya. 'Waah jago menggambar juga yah?" Tanyaku. Dia pun hanya senyum... . 'Gambarnya keren, hobi yah?" Tanyaku lagi. Dia pun menuliskan sesuatu di sebuah note dan menunjukan kepada ku.. yang bertuliskan

'Maaf aku tidak dapat bicara, iya dek aku hobi banget menggambar.. apa lagi nggambar manga" . Ternyata kakak ini ngga dapat bicara, 'hhhmmmhh" menghela nafas sejenak. 'Maaf ya kak.. aku nggak bermaksud.." kataku, 'ngga apa apa kok dek" tulisnya . 'Kakak semester berapa?" tanyaku lagi. 'Baru semester satu kok" tulisnya. 'Dosennya galak ngga?" Tanyaku. 'Hhmmmhh nggak dek" tulisnya. 'Udah pulang kuliah kak?" Tanyaku. 'BISA DIEM NGGAAKK!!!" tulisnya...

Setelah hampir 2 jam aku menemani dia menggambar, aku pun pulang dengan wajah yang merah. Entah naksir atau gimana gitu..

Dirumah, aku menggambar sketsa kakak tadi yang aku pun lupa nanya namanya. Bayangannya masih jelas banget di ingatan, pake kemeja merah hitam, celana jeans dan dengan topi bundar lengkap dengan bunga matahari.

Esoknya sepulang sekolah aku pun didahului kakak nya yang kemaren duduk di taman, 'Eh udah nyampek duluan?" tanyaku. Diapun hanya senyum.. astaga cantik banget..

Selang beberapa menit datang seorang cowok dengan wajah yang kesal. Ah ternyata dia pacarnya kakak ini... , dia marah-marah dengan si kakak 'Jadi gara-gara buku gambar peninggalan mantan kamu ini yang membuat kamu sibuk dan jarang mau jalan ama aku!!!" Katanya sambil mbentak mbentak. Dengan kasar si cowok mengambil buku gambar milik mantannya kakak ini dan membuangnya tepat di tengah danau. Si kakak cantik ini pun menangis dan menampar si cowok, tapi bukannya mengalah si cowok malah menampar balik. 'Okkeeeh kalo gara-gara buku gambar itu kamu ngga perhatian lebih baik kita putus" bentak si cowo dan pergi.

Karena kasihan aku pum mencoba untuk menghiburnya. Setelah berhenti menangis si kakak ini menuliskan masalahnya di sebuah kertas dan memberikannya padaku. Saat aku baca ternyata si kakak ini ditinggal oleh mantannya yang mengidap penyakit tumor. Dan hanya buku inilah satu-satunya peninggalan mantannya kakak ini yang bernama Joe, jadi tak heran kalau si kakak ini sangat sedih.. setelah aku membaca aku pun hanya bisa berkata 'sabar yah kak, kalau aku ngga phobia sama air yang dalam aku pasti akan mengambil buku itu".

Saat hendak mau pulang si kakak ini menulis sesuatu di note nya dan dengan setengah senyum menunjukannya ke aku dengan tulisan.. 'Namaku Dinda Aulia, panggil aja Dinda", aku pun hanya bisa mengangguk dan ikut tersenyum...

Malemnya entah kenapa aku sangat ikut sedih karena hilangnya buku itu.. tanpa waktu lama aku pun malam-malah ke danau deket taman itu dan akan mencarinya. Walaupun memang aku sangat phobia dengan danau yang dalam karena sewaktu kecil aku pernah tenggelam di danau . Tapi demi membuat kak dinda senyum, akupun memberanikan diri dan nyebur ke danau untuk mencari buku itu.. berkali kali aku tenggelam dan naik ke permukaan karena memang aku ngga bisa renang, pernah dulu aku diajak ke wahana kolam renang sama keluarga, ngga ada beberapa menit masuk kolam pun akhirnya aku ngapung dengan celana delam yang sudah berpindah ke kepala...... kepala orang.

Tapi setelah 2 jam nyari akhirnya ketemu. Setelah keluar dari danau rasannya sekujur tubuh rasanya lemas banget. Nggak pake nunggu lama aku pun kerumahnya kak dinda. Berkali kali aku pencet bel rumahnya akhirnya kak dinda keluar dan aku pun memberikan bukunya dengan mata yang berkunang kunang. 'Ini bukunya kak aku temuin tadi" kataku hingga akhirnya pingsan dan membasahi lantai rumahnya kak dinda dengan air bekas aku nyelam tadi.

Sesadarnya dari pingsan aku ternyata sudah berada di rumah sakit. Tampak ada kepala perempuan di samping ku yang lagi tidur. 'Hah kak dinda..." batin ku. Dia terbangun dan menangis nangis di pundak ku sambil bergegas menulis di sebuah kertas. Lalu menunjukannya padaku... 'Terimakasih banyak karena telah menemukan buku ini yah dim, sumpah ini sangat berarti buatku." 'Aku berjanji akan menebus apa yang kamu berikan ini" tulis kak dinda.

'Aku sih sejak bertemu kak dinda di taman sudah sangat suka sama kak dinda".'mungkin aku ngga bisa seperti mantannya kakak yang sangat kak dinda cintai itu".'tapi mau ngga kak dinda nerima aku buat nggantiin mantan kak dinda?" Kataku sambil memberikan gambar bunga matahari persis seperti yang ada di topi kak dinda.

Dan........... tanpa sadar aku melihat kak dinda ternyum sambil berkata terbatah batah 'a.. a.. ku.. ju..juju.. gaah.. sususu..sukaah.. kakammm..mu ddid.. mm"

Selesai....

You May Also Like

0 komentar